TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints84427 UR - http://digilib.unila.ac.id/84427/ A1 - Ananda Resya Putri , Resya Putri Y1 - 2024/04/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran fisika terintegrasi STEM di Filipina dan Indonesia. Pendekatan yang digunkan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket, wawancara dan analisis dokumen. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI 5 dan XI 6 di SMAN 16 Bandar Lampung dan kelas XII STEM di BUCEILS-SHS Filipina. Data hasil penelitian diuji kredibilitasnya dengan menggunkan teknik triangulasi dan kemudian dianalisis dengan menggunkan teknik analisis data menurut Creswell yang terdiri atas 6 langkah yaitu: organizing and preparing data, reading throught all data, coding the data, interrelating themes/description, dan interpreting the meaning of themes/description. Berdasarkan hasil angket yang diisi oleh peserta didik mengenai implementasi pembelejaran fisika terintegrasi STEM diperoleh skor rata- rata sebesar 82% di Filipina dengan kategori sangat baik dan 75% di Indonesia dengan kategori baik. Data hasil pengisian angket juga didukung dengan data wawancara kepada guru dan juga data analisis dokumen perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fisika di Filipina dan Indonesia. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket peserta didik, wawancara guru, dan analisis dokumen perangkat pembelajaran dapat diakatakan bahwa pembelajaran terintegrasi STEM pada pembelajaran fisika di Filipina dan Indonesia sudah diimplementasikan secara baik. Kata kunci: Pembelajaran fisika di Filipina, Pembelajaran fisika di Indonesia, STEM. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STEM DI FILIPINA DAN INDONESIA AV - restricted ER -