%0 Generic %A FERI , ANDRIYANTO %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:84428 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI %U http://digilib.unila.ac.id/84428/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 9 kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan quasi-experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretest and posttest control group design. Data penelitian ini dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Artinya rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas kontrol. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan berpikir tingkat tinggi, laju reaksi, learning cycle