creators_name: Indika , - creators_id: 2013043008 type: other datestamp: 2025-02-19 01:16:27 lastmod: 2025-02-19 01:16:27 metadata_visibility: show title: EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SDN 1 PERUMNAS WAY KANDIS ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi proses pembelajaran seni budaya menggunakan metode diskusi di SDN 1 Perumnas Way Kandis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi proses pembelajaran seni budaya menggunakan metode diskusi di SDN 1 Perumnas Way Kandis terdapat tiga tahapan. Dimulai dari tahap perencanaan dengan menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan instrument penilaian siswa, tetapi pada tahap ini guru belum memaparkan indikator penilaian secara rinci. Tahap pelaksanaan, guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan cara memberikan pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari, memberikan arahan pelaksanaan diskusi dengan membentuk siswa menjadi empat kelompok dan memberikan pokok materi seni tari. Tahap hasil, terdapat peningkatan nilai siswa pada setiap pertemuan, tetapi pada penilaian tersebut guru tidak menjelaskan secara rinci mengenai indikator penilaian. Evaluasi proses pembelajaran menggunakan metode diskusi telah dilakukan dengan tiga tahap, tetapi penggunaan evaluasi belum terlaksana dengan baik karena guru belum menggunakan indikator penilaian yang spesifik. Kata kunci: evaluasi proses, metode diskusi, seni budaya. This research aims to describe the evaluation of the arts and culture learning process using the discussion method at SDN 1 Perumnas Way Kandis. The method used in this research is qualitative with data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used include the data collection stage, data reduction stage, data presentation stage, and drawing conclusions. The research results show that there are three stages in evaluating the arts and culture learning process using the discussion method at SDN 1 Perumnas Way Kandis. Starting from the planning stage by preparing a learning implementation plan and preparing student assessment instruments, however at this stage the teacher has not explained the assessment indicators in detail. In the implementation stage, the teacher creates a comfortable learning atmosphere by asking questions about the material that has been studied, providing direction for the discussion by forming students into four groups and providing the main material on dance. In the results stage, there is an increase in student scores at each meeting, but in the assessment the teacher does not explain in detail the assessment indicators. The learning evaluation process using the discussion method has been carried out in three stages, but the use of evaluation has not been carried out well because the teacher has not used specific assessment indicators. Keywords: process evaluation, discussion methods, arts and culture. date: 2024-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Indika , - (2024) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SDN 1 PERUMNAS WAY KANDIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84429/1/1.%20ABSTRAK%20-%20Indika.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84429/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Indika.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84429/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Indika.pdf