%A Dwi Lestari Fheby %T HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN EVALUASI MENGGUNAKAN CATATAN ANEKDOT DI LEMBAGA PAUD %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan catatan anekdot di lembaga PAUD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat non eksperimental dan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini ialah seluruh guru di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kecamatan Kota Agung. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 30 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket dengan kisi-kisi instrumen yang sudah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi menggunakan catatan anekdot di lembaga PAUD sebesar 0.738. Maka dapat disimpulkan bahwa memang terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi menggunakan catatan anekdot, hubungan diantara kedua variabel tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap dimensi yang ada pada masing-masing variabel dan saling mempengaruhi satu sama lain. Kata kunci: anak usia dini, evaluasi, kompetensi pedagogik This study aims to analyse the relationship between teachers' pedagogical competence with the ability to carry out learning evaluations using anecdotal records in PAUD institutions. This research is a type of research with a quantitative approach that is non-experimental and uses the correlation method. The population of this research is all teachers in Early Childhood Education (ECE) Institutions in Kota Agung Sub-district. Determination of the research sample using saturated samples with a sample size of 30 teachers. Data collection techniques using tests and questionnaires with instrument grids that have been validated by expert lecturers. The results showed that there was a relationship between the pedagogical competence of teachers with the ability to carry out evaluations using anecdotal records in PAUD institutions of 0.738. So it can be concluded that there is indeed a significant relationship between teachers' pedagogical competence and the ability to carry out evaluations using anecdotal notes, the relationship between the two variables is strongly influenced by each dimension in each variable and influences each other. Keywords: early childhood, evaluation, pedagogic competence %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013054022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84440