<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tari Rejang\r\nPangastuti. Tari ini merupakan tari sakral umat Hindu di Lampung yang\r\nmengadopsi budaya Hindu Bali. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif\r\ndengan menggunakan teori bentuk dan fungsi. Teknik pengumpulan data yang\r\ndigunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat\r\nkemudian dianalisis dengan mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan\r\nsehingga mendapatkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa\r\nbentuk tari Rejang Pangastuti merupakan gabungan dari berbagai 9 elemen tari\r\nyaitu gerak, penari, tata rias, tata busana, iringan, pola lantai, properti, waktu dan\r\ntempat pementasan. Tari ini terbagi menjadi 3 struktur gerak yaitu pepeson,\r\npengawak dan pengecet, serta didalamnya terdapat 20 ragam gerak. Penari\r\ndiutamakan wanita yang sudah memasuki masa pubertas, belum menikah serta\r\ntidak sedang dalam keadaan cuntaka. Tata rias pada tarian ini menggunakan tata\r\nrias panggung tari bali. Tata busana merupakan busana sederhana tari Rejang yang\r\nmengakulturasikan budaya Bali dan Lampung. Iringan menggunakan Barungan\r\nGong Kebyar disertai alunan kidung Kawitan Wargasari. Properti yang digunakan\r\ndalam tari ini adalah selendang kuning. Pola lantai yang wajib terdapat pada tari ini\r\nialah pola lantai melingkar dan membentuk Siger. Pementasan dilakukan di\r\nUtamaning Mandala pura saat upacara Dewa Yadnya. Tari ini hanya memiliki satu\r\nfungsi yaitu sebagai tari wali, yang berfokus kepada sarana persembahan kepada\r\nTuhan Yang Maha Esa.\r\n\r\nKata kunci: bentuk, fungsi, tari Rejang Pangastuti\r\nThis study aims to describe the form and function of Rejang Pangastuti dance. This\r\ndance is a sacred dance from Lampung that adopts Balinese Hindu culture. The\r\nmethod used is a qualitative method using the theory of form and function. Data\r\ncollection techniques used include observation, interviews and documentation. The\r\ndata obtained is then analyzed by reducing, presenting and drawing conclusions so\r\nas to obtain research results. The results of this study show that the Rejang\r\nPangastuti dance form is a combination of various 9 dance elements, namely\r\nmovement, dancers, makeup, fashion, accompaniment, floor patterns, properties,\r\ntime and place of performance. This dance is divided into 3 movement structures,\r\nnamely pepeson, pengawak and pengecet, and in it there are 20 types of movements.\r\nDancers are prioritized by women who have entered puberty, are not married and\r\nare not in a state of cuntaka. The makeup in this dance uses Balinese dance stage\r\nmakeup. Fashion is a simple dress of Rejang dance that acculturates Balinese and\r\nLampung culture. The accompaniment uses Barungan Gong Kebyar accompanied\r\nby the strains of Kawitan Wargasari songs. The property used in this dance is the\r\nyellow shawl. The floor pattern that must be found in this dance is a circular floor\r\npattern and forms a Siger. The performance is performed at Utamaning Mandala\r\ntemple during the Dewa Yadnya ceremony. This dance has only one function,\r\nnamely as a wali dance, which focuses on the means of offering to God Almighty.\r\n\r\nKeyword: form, function, Rejang Pangastuti Dance"^^ . "2024-04-04" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "ADE PUSPA\t"^^ . "\tNI LUH "^^ . "ADE PUSPA\t \tNI LUH "^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - NI LUH ADE PUSPA.pdf"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (File PDF)"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - NI LUH ADE PUSPA.pdf"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "BENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA\r\n\r\nBHUANA SHANTI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #84469 \n\nBENTUK DAN FUNGSI TARI REJANG PANGASTUTI DI PURA \n \nBHUANA SHANTI\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .