title: KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL BUNGKAM SUARA KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA: KAJIAN STILISTIKA creator: DINI , ANANDA DEFI subject: 370 Pendidikan subject: 400 Bahasa description: Masalah dalam penelitian ini adalah kritik sosial dalam novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen dan imlikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA melalui kajian stilistika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA melalui kajian stilistika. Metode penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan sumber data dalam penelitian adalah novel Bungkam Suara karya J.S. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terdapat data kritik sosial yang meliputi kritik sosial bidang politik, kritik sosial bidang ekonomi, dan kritik sosial bidang sosio-budaya yang selanjutnya diklasifikasikan ke dalam gaya bahasa retoris berupa (anastrof, apofasis atau preteresio, apostrof, polisindeton, kiasmus, eufemismus, litotes, histeron porteron, erotesis atau pertanyaan retoris, koreksio atau epanortosis, hiperbola, paradoks) dan gaya bahasa retoris berupa (metafora, epitet, ironi, sinisme, sarkasme, satire). Dari data tersebut gaya bahasa ironi, sinisme, dan metafora serta kritik sosial bidang sosio-budaya paling banyak ditemukan dalam novel Bungkam Suara. Data-data tersebut diperoleh dari hasil analisis terhadap 44 episode dan telah merepresentasikan novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen menggunakan kritik sosial yang diklasifikasikan melalui gaya bahasa. Hasil penelitian ini dapat dikaitkan sebagai suplemen pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran elemen kompetensi menulis Fase F kelas XII pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Bab 6 "Menulis Praktik Baik dan Cerita tentang Lingkungan" kegiatan pembelajaran F dengan Tujuan Pembelajaran "Menulis Indah dengan Gaya Bahasa". Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terkait yaitu bernalar kritis. Kata kunci: Kritik Sosial, Stilistika, Bungkam Suara, Gaya Bahasa, Kurikulum Merdeka. publisher: FAKULATAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-06-21 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84478/1/ABSTRAK_DINI%20ANANDA%20DEFI%20-%20Dini%20Ananda%20Defi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84478/2/SKRIPSI%20FULL%20TAPNA%20LAMPIRAN_DINI%20ANANDA%20DEFI%20-%20Dini%20Ananda%20Defi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84478/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN_DINI%20ANANDA%20DEFI%20-%20Dini%20Ananda%20Defi.pdf identifier: DINI , ANANDA DEFI (2024) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL BUNGKAM SUARA KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA: KAJIAN STILISTIKA. FAKULATAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/84478/