%A AULIA MUQITA ANNISA %T PENGARUH APLIKASI MARBEL DAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III PRINGSEWU %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Pringsewu. Penelitian bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh aplikasi MarBelterhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun, (2) pengaruh video pembelajaran terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun, dan(3) perbedaan pengaruh aplikasi MarBeldanvideo pembelajaran terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain two group pretest and posttest. Populasi penelitian berjumlah 60 orang anak kelompok B sehingga sampel berjumlah 60 orang menggunakan teknik sampling sampel jenuh. Teknik pegumpulan data utama adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) terdapat pengaruh aplikasi MarBelterhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima, (2) terdapat pengaruh video pembelajaran terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima, dan(3) terdapat perbedaan pengaruh aplikasi MarBeldanvideo pembelajaran terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun dengan nilai signifikansi sebesar 0,005< 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima. Kata Kunci : bahasa ekspresif, aplikasi MarBel, video pembelajaran The problem in this study is the low expressive language skills of children aged 5- 6 years at TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Pringsewu. The study aims to analyze (1) the effect of the MarBel application on the expressive language skills of children aged 5-6 years, (2) the effect of learning videos on the expressive language skills of children aged 5-6 years, and (3) the difference in the effect of the MarBel application and learning videos on the expressive language skills of children aged 5-6 years. The research method used a quasi-experiment with a two group pretest and posttest design. The study population amounted to 60 children in group B so that the sample amounted to 60 people using the saturated sample sampling technique. The data collection technique is observation. The data analysis technique used the t test. The results showed that (1) there is an effect of the MarBel application on the expressive language skills of children aged 5-6 years with a significance value of 0.000 <0.05 which means that Ha is accepted, (2) there is an effect of learning videos on the expressive language skills of children aged 5-6 years with a significance value of 0.000 <0.05 which means that Ha is accepted, and (3) there is a difference in the effect of MarBel applications and learning videos on the expressive language skills of children aged 5-6 years with a significance value of 0.005 <0.05 which means that Ha is accepted. Keywords: expressive language, MarBel application, learning video %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %L eprints84525