%0 Generic %A AULIANA FAJRIA, RINEKSOWATI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:84527 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI LAJU REAKSI %U http://digilib.unila.ac.id/84527/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024 dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 9 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-postest control group. Hasil penelitian menunjukkan rata –rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas kontrol sebesar 0,43 sedangkan rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen sebesar 0,54. Hasil pengujian hipotesis (Independent Sample t-Test) menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan peserta didik pada materi laju reaksi.