?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+KEMAMPUAN+MENULISKAN+KEMBALI+ISI+TEKS%0D%0ABACAAN+SASTRA+MELALUI+TEKNIK+LATIHAN+PADA+SISWA+%0D%0A+KELAS+VII+SEMESTER+GANJIL+SMP+NEGERI+5+NATAR+%0D%0ALAMPUNG+SELATAN+TAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012+&rft.creator=1013076014%2C+Yeni+Yuniar&rft.subject=+&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+ialah+peningkatan+kemampuan+menuliskan+kembali+isi+%0D%0Ateks+bacaan+sastra+(dongeng)+yang+telah+didengar+pada+siswa+kelas+VII+semester+%0D%0Aganjil+SMP+Negeri+5+Natar+Kabupaten+Lampung+Selatan+Tahun+Pelajaran+2011%2F2012.+%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+tingkat+kemampuan+siswa+dalam+menulis+%0D%0Amenuliskan+kembali+isi+teks+bacaan+sastra+(dongeng)+yang+telah+didengar+melalui+%0D%0Ateknik+latihan.+%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+penelitian+tindakan+kelas+(PTK).+Penelitian+%0D%0Adilaksanakan+dalam+dua+siklus.+Setiap+siklus+terdiri+atas+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+%0D%0Apengobservasian%2C+dan+refleksi.+Pada+siklus+I+setiap+siswa+menuliskan+kembali+isi+teks+%0D%0Abacaan+sastra+(dongeng+yang+berjudul+Jaka+Tarub)+dan+Pada+siklus+II+dalam+proses+%0D%0Apembelajaran+dan+latihan+menuliskan+kembali+isi+teks+bacaan+sastra+(dongeng+yang+%0D%0Aberjudul+Sang+Kancil+dengan+Buaya).+Aspek+yang+dinilai+pada+setiap+siklus+adalah+%0D%0Aaktivitas+siswa+dan+guru.+Hasil+evaluasi+pada+siklus+I+menunjukkan+bahwa+aktivitas+%0D%0Ai+%0D%0Adan+prestasi+belajar+siswa+belum+optimal.+Pada+siklus+II+dalam+proses+pembelajaran+%0D%0Aguru+memberikan+bimbingan+yang+lebih+intensif+lagi+kepada+siswa%2C+dengan+cara+%0D%0Amembimbing+siswa+satu+per+satu.+Hasil+evaluasi+siklus+II+menunjukkan+prestasi+%0D%0Abelajar+siswa+meningkat+karena+sesuai+dengan+indikator+kerja+yang+menyatakan+%0D%0Apenelitian+tindakan+kelas+berhasil%2C+jika+hasil+belajar+siswa+mencapai+kriteria+%0D%0Aketuntasan+klasikal+sebesar+75%25.+++%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+kemampuan+menuliskan+kembali+isi+teks+bacaan+sastra+(dongeng)+%0D%0Ayang+telah+didengar+atau+dibaca+pada+setiap+siklus+terdapat+peningkatan.+Prasiklus+%0D%0Anilai+rata-rata+siswa+57%2C32+siswa+yang+sudah+mencapai+KKM+9+orang+dengan+%0D%0Apersentase+36%25%2C+siswa+yang+belum+mencapai+KKM+16+orang+dengan+persentase+64%25.+%0D%0ASiklus+I+nilai+rata-rata+siswa+59%2C6+siswa+yang+mencapai+KKM+11+orang+dengan+%0D%0Apersentase+44%25%2C+dan+yang+belum+mencapai+KKM+14+orang+dengan+persentase+56%25.+%0D%0APada+siklus+II+nilai+rata-rata+siswa+71+siswa+yang+mencapai+KKM+20+orang+dengan+%0D%0Apersentase+80%25%2C+siswa+yang+belum+mencapai+KKM+5+orang+dengan+persentase+20%25.+%0D%0AHasil+yang+diperoleh+mengalami+peningkatan+dari+prasiklus+ke+siklus+I+meningkat+2%25+%0D%0Adan+dari+prasiklus+ke+siklus+II+sebesar+44%25.+%0D%0A%0D%0ADengan+demikian%2C+melalui+penelitian+ini+dapat+disimpulkan+bahwa+teknik+latihan+%0D%0Adapat+meningkatkan+kemampuan+siswa+dalam+menuliskan+kembali+isi+teks+bacaan+%0D%0Asastra+(dongeng)+yang+telah+didengar+pada+siswa+kelas+VII+SMP+Negeri+5+Natar+%0D%0AKabupaten+Lampung+Selatan+sehingga+mencapai+tujuan++yang+telah+ditetapkan%2C+yakni+%0D%0Atercapai+KKM+65%2C00.+&rft.date=2012-07-18&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F3%2FCOVER.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F4%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F5%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F8%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F9%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F10%2FPERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F11%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F12%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++1013076014%2C+Yeni+Yuniar++(2012)+PENINGKATAN+KEMAMPUAN+MENULISKAN+KEMBALI+ISI+TEKS+BACAAN+SASTRA+MELALUI+TEKNIK+LATIHAN+PADA+SISWA+KELAS+VII+SEMESTER+GANJIL+SMP+NEGERI+5+NATAR+LAMPUNG+SELATAN+TAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8453%2F