<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n"^^ . "\r\nKeterbatasan pemahaman materi Kayunan dalam Pelajaran Bahasa Lampung di\r\nkelas XI dan kurangnya minat siswa untuk belajar Bahasa Lampung\r\nmengakibatkan siswa mendapatkan nilai standar dikelas oleh karena itu tujuan\r\npenelitian ini untuk menggungkapkan permasalahan dan menghasilkan produk\r\nberupa Materi Kayunan dengan Model pembelajaran TGT (Team Games\r\nTournament)sebagai pengembangan E-Modul untuk Bahan Ajar Siswa dan\r\nmendeskripsikan kelayakan untuk mata pelajaran bahasa Lampung di sekolah.\r\n\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and\r\ndevelopment (R&D). Desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang\r\ndikembangkan oleh Dick dan Carry dengan menggunakan 5 tahapan, meliputi\r\nAnalysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan),\r\nImplementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan\r\ndata menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini\r\ndilakukan di SMA YP Unila Bandar Lampung. Uji kelayakan produk di validasi\r\noleh penilaian validator ahli materi, ahli media, dan praktisi, serta uji coba skala\r\nkecil dan uji coba skala besar terhadap siswa kelas XI SMA.\r\n\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator ahli materi memperoleh\r\nnilai rata-rata persentase 91,25, penilaian validator ahli media memperoleh nilai\r\nrata-rata persentase 96, penilaian validator praktisi b ah as a l am p u n g\r\nmemperoleh nilai rata-rata persentase 98,75, hasil uji coba penilaian siswa skala\r\nkecil memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83,1, dan hasil uji coba\r\npenilaian siswa skala besar memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,35.\r\nHasil rata-rata keseluruhan penilaian mendapatkan persentase sebesar 90,69.\r\nDapat disimpulkan bahwa produk E-Modul Materi Kayunan untuk Siswa Kelas\r\nXI SMA dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa\r\nLampung.\r\n\r\n\r\nKata Kunci: E-Modul, Materi Kayunan,TGT (Team Games Tournament). "^^ . "2024-10-17" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "OKTASARI "^^ . " RATIH "^^ . "OKTASARI RATIH "^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . " \r\nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \r\nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL\r\n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #84553 \n\n \nMATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM \nGAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL \n UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "400 Bahasa" . .