%0 Generic %A TIKA, CAHYANI SYAPUTRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:84610 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DI TK KUNTUM MEKAR KIDS RAJABASA %U http://digilib.unila.ac.id/84610/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemerolehan kosakata, khususnya kosakata Bahasa Indonesia anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menonton video yang ada di YouTube. Jenis penelitian adalah studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek lima orang anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara guru dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemerolehan kosakata anak yang diteliti meliputi: (1) dimensi menyimak kosakata (2) dimensi merespons kosakata (3) dimensi mengucapkan kosakata. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada dimensi menyimak, anak-anak tidak hanya mengenali kosakata baru, tetapi anak juga mampu memahami makna kosakata sehingga dapat mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari dalam konteks percakapan. Selanjutnya, pada dimensi merespons, anak mampu memberikan tanggapan atau respons yang tepat dan anak mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan penggunaan kosakata yang telah diperoleh. Terakhir pada dimensi mengucapkan, anak mampu melafalkan kosakata dan menyampaikan kosakata tersebut dengan kalimat yang sesuai dalam konteks percakapan. Kata Kunci: pemerolehan kosakata, menyimak, merespon, mengucapkan.