TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints84613 UR - http://digilib.unila.ac.id/84613/ A1 - SEPTI DWI, KRISNAWATI Y1 - 2025/01/07/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum mampu memahami konsep dan tahapan pelaksanaan penilaian portofolio pada lembaga PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pemahaman guru tentang penilaian portofolio dengan implementasi penilaian portofolio pada lembaga PAUD di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Taman Kanak-kanak di se-Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu 38 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,760 yang memiliki arti bahwa hubungan pemahaman guru tentang penilaian portofolio dengan implementasi penilaian portofolio berada pada kategori kuat. Kemudian, mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka sesuai ketentuan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan pemahaman guru tentang penilaian portofolio dengan implementasi penilaian portofolio. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -