%0 Generic %A TSABITHA , PUTRI MARHANI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84615 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TUNARUNGU WICARA (STUDI KASUS DI SMA-LBN PKK SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/84615/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu wicara yang kurang aktif dalam bersosialisasi dan kegiatan akademik di kelas karena merasa kurang percaya dengan kemampuan dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berdampak pada kepercayaan diri siswa/i kelas X di SMALBN-B PKK Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas X di SMALBN-B PKK Provinsi Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang berdampak pada kepercayaan diri siswa tunarungu wicara di kelas X SMALBN-B PKK Provinsi Lampung seperti faktor komitmen dan tanggung jawab dengan persentase sebesar 19.60%, kemampuan 18.62%, lingkungan sosial 17.64%, optimisme 14.70%, pengambilan keputusan 13.72%, pengalaman 7.84%, dan kepribadian sebesar 7.84%. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor komitmen dan tanggung jawab merupakan faktor yang paling dominan muncul pada siswa tunarungu wicara di kelas X SMALBN-B PKK Provinsi Lampung, selanjutnya diikuti faktor-faktor lain seperti kemampuan, lingkungan sosial, optimisme, pengambilan keputusan, pengalaman, dan juga kepribadian yang memberikan dampak dalam membentuk dan memperkuat kepercayaan diri siswa tunarungu-wicara. Kata Kunci: kepercayaan diri, tunarungu wicara, siswa, sekolah