%0 Generic %A SHOFIYAH , DWI KURNIATI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84634 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, TEMAN SEBAYA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XII IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/84634/ %X Manusia memiliki berbagai kebutuhan yang muncul dari aspek kehidupan, seperti biologis, psikologis, sosial, dan budaya. Perubahan pola konsumsi masyarakat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, yang membuat masyarakat sulit membedakan kebutuhan sebenarnya dengan keinginan sesaat, sehingga cenderung konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh status sosial ekonomi orang tua, teman sebaya dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif di kalangan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Tahun Ajaran 2023/2024. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Multipel dan diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua, teman sebaya dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,687% atau 68,7% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, teman sebaya, dan literasi keuangan, sisanya sebesar 31,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model ini. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Teman Sebaya, dan Literasi Keuangan Humans have various needs that arise from aspects of life such as biological, psychological, social, and cultural. Changes in society's consumption patterns are influenced by technological advancements, which make it difficult for people to differentiate between actual needs and momentary desires, leading to a tendency towards consumerism. This study aims to examine the influence of parental socioeconomic status, peer group, and financial literacy on consumptive behavior among students. The method used in this study is descriptive verification with an ex post facto approach and survey. The population in this study is 12th-grade students at SMA Muhammadiyah 2 for the academic year 2023/2024. The sample size in this study is 70 students, selected using non-probability sampling with saturation sampling technique. Data collection methods include observation, questionnaires, and documentation. Data analysis includes Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression using SPSS software. The results show that there is an influence of parental socioeconomic status, peer group, and financial literacy on consumptive behavior among 12th-grade students at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, with a determination coefficient of 0.687 or 68.7% of consumptive behavior is influenced by parental socioeconomic status, peer group, and financial literacy, while the remaining 31.3% is influenced by other factors not included in this model. Key Words: Consumptive Behavior, Parental Socioeconomic Status, Peer Group, and Financial Literacy