%0 Generic %A Mika , Dea Agustin %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84648 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/84648/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di kelas V SD Negeri, nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri, hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di kelas V SD Negeri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bentuk pelaksanan pendidikan karakter diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran terwujud dalam pemuatan nilai karakter di dalam RPP yang diimplementasikan dalam mata pembelajaran. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan rubrik penilaian dan lembar observasi yang dilaksanakan selama kegiatan berlangsung. Nilai karakter yang dikembangkan yaitu nilai religius dengan rata-rata 2,35, disiplin dengan rata-rata 2,14, kejujuran dengan rata-rata 2,17, dan rasa ingin tahu dengan rata-rata1,78. Hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah pendidik kesulitan dalam mengintegraskan pendidikan karakter ke dalam semua mata pelajaran, kurangnya pelatihan akan pendidikan karakter di sekolah, keterbatsan media dan metode pembelajaran, kurangnya kesadaran peserta didik dalam mentaati peraturan, dan lingkungan peserta didik. Kata Kunci: implementasi, kurikulum 2013, pendidikan karakter This study aims to describe the implementation of character education in grade V of public primary schools, character values developed in learning in grade V of public primary schools, obstacles faced in implementing character education in grade V of public primary schools. The research method in this study is descriptive qualitative method with phenomenological type. Data collection techniques were interview, observation, and documentation. The results of this study show that the implementation of character education consists of planning, implementation, and evaluation. Learning planning by making a Learning Implementation Plan (RPP). The implementation of character education is integrated into learning activities, manifested in the loading of character values in the lesson plans that are implemented in the learning subjects. Evaluation of character education is carried out by educators using assessment rubrics and observation sheets carried out during the activity. The character values developed are religious values with an average of 2.35, discipline with an average of 2.14, honesty with an average of 2.17, and curiosity with an average of 1.78. The obstacles in implementing character education are educators‘ difficulties in integrating character education into all subjects, lack of training on character education in schools, limited media and learning methods, students’ lack of awareness in obeying the rules, and students' environment. Keywords: character education, implementation, 2013 curriculum