@misc{eprints84653, month = {April}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KRITISPESERTA DIDIK KELAS IV SDN 4 TUMIJAJAR}, author = {Muthoharoh Siti }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84653/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas IV SDN 4 Tumijajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh pada penggunaan media komik matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 69 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Non Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Instrumen uji coba berjumlah 15 dengan uji validitas berjumlah 10 soal valid dan 5 soal drop. Reliabilitas soal berjumlah 10 soal dengan rhitung = 0,86 artinya sangat kuat. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 85,12 ? Ftabel = 4,35. Berdasarkan uji R Square, pengaruh media komik matematika adalah sebesar 81,0\%, sedangkan sisanya sebesar 19,0\% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan media komik matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 4 Tumijajar. Kata kunci: komik matematika, kemampuan berpikir kritis, peserta didik The problem of this research is the low critical thinking ability in mathematics of fourth grade students at SDN 4 Tumijajar. The purpose of this research was to describe and analyze the presense of a influence on the use of mathematics comic media on students' critical thinking abilities. This type of research is quantitative research with an experimental approach. The research design used is the nonequivalent control group design. The research population consisted of 69 students. The research sampling technique uses Non Probability Sampling. The sample in this research consisted of 46 students. Data collection techniques with test and nontest techniques. There are 15 test instruments with a validity test of 10 valid questions and 5 drop questions. The reliability of the questions is 10 questions with rcount = 0.86, which mean it is very strong. The data analysis technique uses a simple regression test. The simple regression test results show Fcount = 85.12 ? Ftable = 4.35. Based on the R Square test, the influence of mathematics comic media is 81.0\%, while the remaining 19.0\% is influenced by other factors outside the variables. This shows that there is an influence on the use of mathematics comic media on the critical thinking abilities of class IV students at SDN 4 Tumijajar. Key words: mathematics comic, critical thinking ability, students} }