@misc{eprints84658, month = {Februari}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI}, author = { gressella Pynka}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84658/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar Peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Bandar Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa dan mengumpulkan data menggunakan dua kelas diantaranya adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis dan pengumpulan data yang telah dilakukan peneliti dalam menjawab rumusan masalah penelitian, dengan ini peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan model problem posing terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 4 Bandar Jaya. Hal ini di dukung dengan hasil uji hipotesis menemukan bahwa nilai Sig 2 Tailed sebesar 0.000 untuk kelas eksperimen dan 0,001 untuk kelas kontrol sehingga Sig{\ensuremath{<}}0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem posing terhadap hasil belajar IPAS muatan IPA peserta diidk kelas IV SDN 4 Bandar Jaya. Sehingga biasa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem posing terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN 4 Bandar Jaya. Kata kunci : hasil belajar ipas, model problem posing, quasi experiment This research aims to determine the influence of the problem posing model on the science learning outcomes of science content for class IV students at SD Negeri 4 Bandar Jaya. This research uses a Quasy Experimental type of research with a quantitative approach to analyze and collect data using two classes including the experimental class and the control class. The results of the analysis and data collection carried out by the researcher in answering the research problem formulation, the researcher found that there was a positive influence on the use of the problem posing model on the learning outcomes of class IV students at SDN 4 Bandar Jaya. This is supported by the results of the hypothesis test which found that the Sig 2 Tailed value was 0.000 for experiment class, and 0,001 for control class it means that Sig {\ensuremath{<}}0.05, so H0 was rejected and Ha was accepted or there was a significant influence on the problem posing model on the science learning outcomes of the science content of class IV students at SDN 4 Bandar Jaya .So it can be concluded that there is a significant influence on the problem posing model on the science learning outcomes of the science content of class IV students at SDN 4 Bandar Jaya. Keywords: science learning results, problem posing model, quasi experiment} }