%A NURLATIFAH BUNGA %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 %X Pembelajaraan saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi, teknologi sebagai media dapat mempermudah proses pembelajaran. Kahoot sebagai media memiliki jenis visual menarik yang dapat mengarahkan atensi siswa untuk berkonsentrasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot terhadap minat belajar (2) pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar (3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, dan (4) pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot terhadap hasil belajar dengan memperhatikan minat belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksperimen, penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah populasi 108 siswa, dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan path analysis. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot terhadap minat belajar dengan nilai (Sig.) 0,00 < 0,05. 2) terdapat pengaruh media belajar terhadap hasil belajar dengan nilai (Sig.) 0,00 < 0,05. 3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai (Sig.) 0,00 < 0,05 4) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai (Sig.) 0,00 < 0,05. Sehingga, penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan memperhatikan minat belajar siswa. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1853033003 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84667