%A 0643024059 Yulia Fitri Yanti N %T Penggunaan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, dan Review (PQ4R) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PQ4R terhadap aktivitas siswa dan penguasaan materi pokok ciriciri makhluk hidup oleh siswa SMPN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih dari populasi secara teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penggunaan model pembelajaran PQ4R dengan rata-rata nilai N-gain (52,06) lebih tinggi dibandingkan N-gain tanpa model pembelajaran PQ4R dengan rata-rata nilai (47,83), berarti penguasaan materi oleh siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan Yulia Fitri Yanti. N model pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan model PQ4R. Sedangkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, namun peningkatan di kelas kontrol lebih rendah di bandingkan kelas eksperimen. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari pengunaan model pembelajaran PQ4R terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : PQ4R, Aktivitas Siswa, Penguasaan Materi, dan Ciri-ciri Makhluk Hidup %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints8468