creators_name: Alfina, Pratiwi creators_id: 2013045045 type: other datestamp: 2025-02-20 04:19:13 lastmod: 2025-02-20 04:19:13 metadata_visibility: show title: STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE DI SMA NEGERI 01 ABUNG TINGGI LAMPUNG UTARA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 780 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui bagaimana guru mengakomodir pembelajaran musik pada kelas XI IPA dan IPS di SMA Negeri 01 Abung Tinggi serta mengetahui strategi dan tahapan-tahapan pembelajaran musik dalam menggunakan media pembelajaran berbasis youtube di SMA Negeri 01 Abung Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang yang digunakan dalam pembelajaran yaitu konsep pembelajaran discovery learning dengan inovatif dan efektif. Pembelajaran melibatkan sumber belajar dengan ajar buku seni budaya kurikulum 2013 dan penggunaan media youtube, akan menjadi penting jika hal tersebut menjadi tingkat kepentingan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada tahapan proses pembelajaran ini hasil observasi menunjukkan bahwa pembukaan pembelajaran. Tahapan inti pembelajaran melibatkan, kegiatan literasi, pemberian motivasi kepada siswa dan guru mempresentasikan materi yang sebelumnya telah disiapkan terlebih dahulu, sementara tahapan penilaian dilakukan melalui penilaian presentasi siswa dan pemberian soal evaluasi tugas yang berisikan soal hasil materi yang disampaikan pada hari tersebut. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Sumber Belajar This research aims to understand how teachers accommodate music education in classes XI IPA and IPS at SMA Negeri 01 Abung Tinggi, as well as to explore strategies and stages of music education using YouTube-based learning media at the same school. The study employs a qualitative method with a descriptive research type, using data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. The results indicate that the teaching strategy utilized is discovery learning with innovation and effectiveness. Learning involves learning resources from the Art and Culture curriculum of 2013 and the use of youtube media, which are considered crucial for enhancing the quality of education. The stages of the learning process observed include lesson introduction, core activities involving literacy and student motivation, and assessment through student presentations and evaluation tasks based on the material covered each day. Keywords: Learning Strategy, Learning Process, Learning Resources date: 2024-07-08 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Alfina, Pratiwi (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE DI SMA NEGERI 01 ABUNG TINGGI LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84688/1/SKRIPSI%20ALFINA%20HANYA%20ABSTRAK%20-%20Alpina%20Pratiwi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84688/2/SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20Alpina%20Pratiwi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84688/3/SKRIPSI%20ALFINA%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Alpina%20Pratiwi.pdf