creators_name: Mira , Desrina creators_id: 2013053059 type: other datestamp: 2025-02-20 05:00:46 lastmod: 2025-02-20 05:00:46 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar menjadi fokus utama penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar tematik muatan IPS pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Design dengan jenis One Group Pre test Post test Design. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 25 orang peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar tematik muatan IPS pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Metro Selatan. KatThe problem in this study is the low learning outcomes of fifth grade elementary school students, which is the main focus of this study. The purpose of the study was to analyze the effect of the Project Based Learning model on thematic learning outcomes of social studies content in grade V elementary school students. The method in this research is Pre-Experimental Design with the type of One Group Pre test Post test Design. The population of this study amounted to 50 students with a sample of 25 students determined using purposive sampling. Data collection techniques in this study using tests and non-tests. Data analysis techniques using simple linear regression. The results of this study prove that there is a significant effect of the application of the Project Based Learning learning model on thematic learning outcomes of social studies content in grade V students at SD Negeri 2 Metro Selatan. Keywords: learning outcomes, project based learning.a kunci: hasil belajar, project based learning. date: 2024-03-27 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Mira , Desrina (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84701/1/ABSTRAK%20-%20%20Mira%20Desrina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84701/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20%20Mira%20Desrina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84701/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20%20Mira%20Desrina.pdf