TY - THES ID - eprints84717 UR - http://digilib.unila.ac.id/84717/ A1 - Dini , Novita Sari Y1 - 2024/03/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan iPad sebagai media pembelajaran siswa SMP IT Ar-Raihan di Bandar Lampung untuk meningkatkan literasi digital, dan mengetahui optimalisasi guru dalam penggunaan iPad sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP IT Ar-Raihan di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dalam pengumpulan data penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan Peserta Didik SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Hasil Penelitian ini adalah penggunaan iPad sebagai media pembelajaran di SMP IT Ar raihan dapat optimal melalui strategi guru dalam pembelajaran berbasis teknologi, iPad digunakan dalam kolaborasi guru dan siswa melalui LMS, dan adanya integrasi teknologi iPad dalam TPACK. Kemampuan literasi digital siswa yang mengalami peningkatan terbesar pada digital skill karena siswa terbiasa menggunakan iPad dalam pembelajaran. Optimalisasi guru dalam penggunaan iPad sebagai media pembelajaran dengan memaksimalkan dalam memilih, menyusun, dan mengkurasi konten pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Pemahaman mengenai optimalisasi guru yang didukung dengan latar belakang pendidikan dan usia muda menjadikan guru dapat memaksimalkan penggunaan iPad dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa dan memberikan pengawasan maksimal dengan memanfaatkan apple classroom saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Optimalisasi Guru, Penggunaan iPad, Literasi Digital This research aims to determine the use of iPads as a learning medium for Ar-Raihan IT Middle School students in Bandar Lampung to increase digital literacy, and to find out the role of teachers in optimizing the use of iPads as learning media for Ar-Raihan IT Middle School students in Bandar Lampung to increase digital literacy. This research is qualitative research using interview techniques in collecting research data. The subjects in this research were teachers and students at SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. The results of this research are that the use of the iPad as a learning medium in SMP IT Ar can achieve optimal results through teacher strategies in technology-based learning, the iPad is used in collaboration between teachers and students through LMS, and there is integration of iPad technology in TPACK. Students' digital literacy abilities experienced the greatest increase in digital skills because students were accustomed to using iPads in learning. Optimizing teachers in using iPad as a learning medium by maximizing selecting, compiling and curating learning content that is in accordance with the curriculum and learning objectives. An understanding of teacher optimization supported by an educational background and young age allows teachers to maximize the use of iPads in improving students' digital literacy skills and providing maximum supervision by utilizing Apple Classroom during the learning process. Keywords: Teacher Optimization , iPad Usage, Digital Literacy PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - OPTIMALISASI GURU DALAM PENGGUNAAN IPAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMP IT AR-RAIHAN BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -