TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints8474 UR - http://digilib.unila.ac.id/8474/ A1 - Ebta Aprilia, 1013021035 Y1 - 2015/03/11/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik purposive sampling, dipilih siswa kelas VII B dan VII E sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah the pretes?posttes control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kata kunci: representasi matematis, pembelajaran kooperatif, TPS, NHT PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PERBANDINGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE AV - restricted ER -