%A Eka Wulandari Julinda %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL NILAI KOGNITIF DAN SIKAP RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK DI SMA N 1 LIWA AKAN KEBERADAAN WILAYAH HERITAGE TNBBS %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil nilai kognitif dan responsibility heritage TNBBS serta menentukan dimensi responsibility manakah yang paling dikuasai oleh siswa di SMA N 1 Liwa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa dari total 238 siswa di kelas X, dan dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini berupa nilai responsibility heritage TNBBS yang diperoleh dari angket dengan skala likert. Data yang telah diperoleh, dianalisis secara statistik menggunakan uji one-way ANNOVA dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan pada model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap sikap responsibility heritage TNBBS di SMA N 1 Liwa yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Dimensi yang paling dikuasai oleh siswa dalam meningkatkan sikap responsibility heritage TNBBS adalah dimensi tindakan. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), hasil nilai kognitif, responsibility heritage TNBBS %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84749