@misc{eprints84751, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO}, author = {Safitri Nofyana}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84751/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan model project based learning (PjBL)-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi di SMP Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest- postest non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa kelas IX. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IX B sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan IX D sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mengggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment sedangkan kelas kontrol menggunakan model PjBL-STEM. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan data respon siswa tentang pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,05 {\ensuremath{<}} 0,00 dan rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kriteria ?sedang? pada kelas eksperimen dan 0,12 dengan kriteria ?rendah? pada kelas kontrol. Berdasarkan perolehan hasil produk kreatif siswa sebesar 82\% dengan kriteria ?sangat kreatif? pada kelas eksperimen. Selain itu, perolehan hasil angket respon siswa sebesar 90,35\% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment dapat meningkatkan rasa keingintahuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan berpikir kreatif, Model PjBL-STEM field experiment} }