?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING+(PjBL)-STEM%0D%0AMELALUI+FIELD+EXPERIMENT+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR%0D%0A%0D%0AKREATIF+SISWA+SMP+N+1+WONOSOBO&rft.creator=Nofyana%2C+Safitri&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pengaruh+dari+penggunaan+model%0D%0Aproject+based+learning+(PjBL)-STEM+melalui+field+experiment+terhadap%0D%0Akemampuan+berpikir+kreatif+siswa+pada+materi+bioteknologi+di+SMP+Negeri+1%0D%0A%0D%0AWonosobo.+Penelitian+ini+menggunakan+quasi+eksperimen+dengan+desain+pretest-%0D%0Apostest+non+equivalent+control+group.+Populasi+dalam+penelitian+ini+berjumlah+179%0D%0A%0D%0Asiswa+kelas+IX.+Sampel+dalam+penelitian+ini+diambil+dengan+teknik+cluster+random%0D%0Asampling+terpilih+kelas+IX+B+sebanyak+29+orang+sebagai+kelas+eksperimen+dan+IX%0D%0AD+sebanyak+25+orang+sebagai+kelas+kontrol.+Kelas+eksperimen+mengggunakan%0D%0Amodel+PjBL-STEM+melalui+field+experiment+sedangkan+kelas+kontrol%0D%0Amenggunakan+model+PjBL-STEM.+Data+yang+diukur+dalam+penelitian+ini+yaitu+data%0D%0Akuantitatif+berupa+nilai+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+diperoleh+dari+hasil%0D%0Apretest-posttest+yang+dianalisis+menggunakan+uji+Mann+Whitney+dan+data+respon%0D%0Asiswa+tentang+pembelajaran+menggunakan+model+PjBL-STEM+melalui+field%0D%0Aexperiment+yang+dikumpulkan+menggunakan+angket+dan+dianalisis+dengan%0D%0Apersentase.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan%0D%0Apenggunaan+model+PjBL-STEM+melalui+field+experiment+terhadap+kemampuan%0D%0Aberpikir+kreatif+siswa+dengan+nilai+sig+(2-tailed)+0%2C05+%3C+0%2C00+dan+rata-rata+N-gain%0D%0Asebesar+0%2C34+dengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+pada+kelas+eksperimen+dan+0%2C12+dengan%0D%0Akriteria+%E2%80%9Crendah%E2%80%9D+pada+kelas+kontrol.+Berdasarkan+perolehan+hasil+produk+kreatif%0D%0Asiswa+sebesar+82%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Csangat+kreatif%E2%80%9D+pada+kelas+eksperimen.+Selain%0D%0Aitu%2C+perolehan+hasil+angket+respon+siswa+sebesar+90%2C35%25+berpendapat+bahwa%0D%0Apembelajaran+menggunakan+model+PjBL-STEM+melalui+field+experiment+dapat%0D%0Ameningkatkan+rasa+keingintahuan+dalam+mengikuti+proses+pembelajaran.+Sehingga%0D%0Adapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+model+PjBL-STEM+melalui+field+experiment%0D%0Aberpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+Bioteknologi%2C+Kemampuan+berpikir+kreatif%2C+Model+PjBL-STEM%0D%0A%0D%0Afield+experiment&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-06-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84751%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Nofyana%2520Safitri.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84751%2F2%2FFULL%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520LAMPIRAN_NOFYANA%2520SAFITRI%2520-%2520Nofyana%2520Safitri.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84751%2F3%2FFULL%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN%2520DAN%2520LAMPIRAN_NOFYANA%2520SAFITRI%2520-%2520Nofyana%2520Safitri.pdf&rft.identifier=++Nofyana%2C+Safitri++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING+(PjBL)-STEM+MELALUI+FIELD+EXPERIMENT+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+SISWA+SMP+N+1+WONOSOBO.++FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84751%2F