creators_name: Nofyana, Safitri creators_id: 2013024006 type: other datestamp: 2025-02-20 08:27:25 lastmod: 2025-02-20 08:27:25 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO ispublished: pub subjects: 370 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan model project based learning (PjBL)-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi di SMP Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest- postest non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa kelas IX. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IX B sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan IX D sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mengggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment sedangkan kelas kontrol menggunakan model PjBL-STEM. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan data respon siswa tentang pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,05 < 0,00 dan rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 0,12 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Berdasarkan perolehan hasil produk kreatif siswa sebesar 82% dengan kriteria “sangat kreatif” pada kelas eksperimen. Selain itu, perolehan hasil angket respon siswa sebesar 90,35% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment dapat meningkatkan rasa keingintahuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan berpikir kreatif, Model PjBL-STEM field experiment date: 2024-06-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Nofyana, Safitri (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84751/1/ABSTRAK%20-%20Nofyana%20Safitri.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84751/2/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN_NOFYANA%20SAFITRI%20-%20Nofyana%20Safitri.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84751/3/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20DAN%20LAMPIRAN_NOFYANA%20SAFITRI%20-%20Nofyana%20Safitri.pdf