%0 Generic %A MARISSA , SUKMA WARDHANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84787 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/84787/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Read-Answer-Discuss- Explain-Create (RADEC) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model RADEC dalam proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan desain pre-test post-test non-equivalent control group dengan sampel peserta didik SMPN 34 Bandar Lampung yaitu kelas 7.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data peningkatan literasi sains diperoleh melalui N-gain yang dianalisis menggunakan uji T (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model RADEC berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII SMPN 34 Bandar Lampung pada materi pencemaran lingkungan. Rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,44 (berkategori sedang), dengan rincian: menjelaskan fenomena secara ilmiah 0,51; mengevaluasi & merancang penyelidikan ilmiah 0,38; dan menafsirkan data & bukti secara ilmiah 0,43. Hasil angket tanggapan peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 85,86% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model RADEC dalam proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan dapat diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Kata kunci: Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC), Literasi Sains