creators_name: SYAFITRIA , RAHMA PANE creators_id: 2223053013 type: thesis datestamp: 2025-02-20 10:18:30 lastmod: 2025-02-20 10:18:30 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 1 PELITA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN 1 Pelita. Penelitian merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Pelita. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster rendom sampling 24 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes. LKPD berbasis PBL melalui tahap uji coba validasi ahli materi, media, bahasa dan uji praktikalitas respon pendidik dan peserta didik. 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,71 (valid), ahli media memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,81 (valid), ahli bahasa memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,75 (valid). 2) Hasil uji kepraktisan respon pendidik memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 95% (sangat praktis), sedangkan hasil uji kepraktisan respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 89% (sangat praktis). 3) Hasil uji efektivita sebesar 0,000 < 005 dengan menggunakan uji independent sample t-test, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan meggunakan LKPD berbasis PBL. Kesimpulan penelitian LKPD berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Berpikir Kritis, LKPD, PBL This study aims to produce PBL-based LKPD in Indonesian language subjects that are valid, practical, and effective to improve the critical thinking skills of fourth grade students at SDN 1 Pelita. The research is a type of Research and Development (R&D) research. The study population was grade IV students at SD Negeri 1 Pelita. The research sample was determined by cluster rendom sampling technique of 24 students. Data collection tools using test instruments. PBL-based LKPD through the validation trial stage of material, media, language experts and the practicality test of the responses of educators and students. 1) The results of the material expert validation obtained an aiken index score of 0.71 (valid), the media expert obtained an aiken index score of 0.81 (valid), the linguist obtained an aiken index score of 0.75 (valid). 2) The results of the educator response practicality test obtained an average percentage value of 95% (very practical), while the results of the student response practicality test obtained an average percentage of 89% (very practical). 3) The effectiveness test results of 0.000 < 005 using the independent sample t-test, meaning that there is a significant difference between before and after being given treatment using PBL-based LKPD. The research conclusion of PBL-based LKPD in Indonesian language subjects is effective for improving critical thinking skills. Keywords: Indonesian Language, Critical Thinking, LKPD, PBL date: 2024-09-25 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: SYAFITRIA , RAHMA PANE (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 1 PELITA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84788/1/ABSTRAK%20-%20Mahasiswa%20Unila.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84788/2/TESIS%20FULL%20-%20Mahasiswa%20Unila.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84788/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Mahasiswa%20Unila.pdf