%A Sari Putri Novita %T ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 3 LABUHAN RATU %X Pembelajaran secara daring memberikan kemudahan untuk mencari bahan ajar dan referensi lebih banyak melalui internet. Akan tetapi, selain memberikan kemudahan, pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga memiliki kendala pada proses pelaksaannya. Peserta menjadi kurang aktif pada saat pembelajaran dan kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah ?Memaparkan Persepsi Pendidik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 3 Labuhan Ratu. Pelnellitian yang telah dilakukan termasuk ke l dalam jelnis pelnellitian delskriptif kuantitatif. Sekolah Dasar Negeri 3 Labuhan Ratu telah dijadikan objelk penelitian. Tujuan pelnellitian ini adalah melndelskripsikan telntang pelrselpsi pendidik telrhadap pelmbellajaran daring pada saat pandelmi covid-19 di SD Negeri 3 Labuhan Ratu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan persepsi pendidik terhadap pembelajaran daring di SD Negeri 3 Labuhan Ratu dengan 19 responden dan 20 butir soal pernyataan tertutup dengan rentang skor 1-5 menunjukan bahwa pelrselntasel katelgori sangat positif 10,5% seljumlah 2 pendidik, pelrselntasel positif 47,3% seljumlah 9 pendidik, pelrselntasel seldang 21% seljumlah 4 pendidik, pelrselntasel nelgatif 15,7% seljumlah 3 pendidik, dan pelrselntasel sangat nelgatif 5,2% seljumlah 1 pendidik. Berdasarkan hasil tersebut persepsi pendidik terhadap pembelajaran daring di SD Negeri 3 Labuhan Ratu menyatakan positif. Hasil penelitian yang menyatakan positif menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SD Negeri 3 Labuhan Ratu berjalan dengan efektif. Meski demikian, masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pendidik maupun peserta didik seperti kesulitan akses internet dan bosan saat belajar. Oleh karena itu, pendidik maupun peserta didik berharap kegiatan pembelajaran dapat kembali dilaksanakan dengan tatap muka. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84796