%A Sugiharto M. Rio %T IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran ekonomi berbasis pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari lima informan yang memiliki pemahaman dan informasi sesuai fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Miles and Huberman, dengan mengumpulkan, mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data hasil penelitian. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi data dan kecukupan referensi. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka mencakup perencanaan yang terdiri dari menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) hingga penyusunan modul ajar. Kemudian, pelaksanaan kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi yang disinergikan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk pendidikan karakter, dan kegiatan penilaian menggunakan asesmen formatif, sumatif, ataupun diagnostik sesuai dengan standar kurikulum merdeka guna mengukur kemampuan peserta didik. Kata Kunci: Kurikulum merdeka, mata pelajaran ekonomi, pendidikan karakter This research aims to determine the implementation of the Merdeka curriculum in economics subjects based on character education at SMA Negeri 1 Pringsewu. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. The data in this research was obtained through observation and interviews. Determining informants in this research used a purposive sampling technique consisting of five informants who had understanding and information according to the research focus. This research uses Miles and Huberman's interactive model of data analysis, by collecting, reducing, presenting and drawing conclusions from research data. Checking the validity of the findings was carried out by triangulating the data and adequacy of references. The findings in this research show that the implementation of the Merdeka curriculum includes planning consisting of analyzing Learning Achievements (CP), Learning Objectives (TP), Flow of Learning Objectives (ATP) and preparing teaching modules. Then, the implementation of the Merdeka curriculum in learning activities on economic subjects is synergized with the instillation of Pancasila values as a form of character education, and assessment activities using formative, summative or diagnostic assessments in accordance with Merdeka curriculum standards to measure students' abilities. Keywords: Merdeka curriculum, economic subjects, character education %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84848