title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE INTEGRATED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI I METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 creator: Sudi, Winda Maharani subject: BF Psychology subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education description: Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur, yang diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar mereka pada mata pelajaran PKn hanya mencapai 60,32 atau dengan kata lain belum mencapai KKM yang ditetapkan SD Negeri 1 Metro Timur, yaitu sebesar 65. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe integrated. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dan sekaligus meningkatkan hasil belajarnya melalui penerapan model pembelajaran terpadu tipe integrated pada pokok bahasan organisasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa model pembelajaran terpadu tipe integrated dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (53.00 %), siklus II (70.00 %) dan siklus III (83.00 %) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (54,60 %), siklus II (69,99 %), dan siklus III (88,07 %) sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (65,38), siklus II (76,15), dan siklus III (84,61). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, penulis mernyarankan agar guru kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dapat menerapkan model pembelajaran terpadu tipe integrated dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan agar aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta dapat membangkitkan motivasi dan minat para siswa. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran terpadu tipe integrated. publisher: Fakultas KIP date: 2011-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/1/Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/3/Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/4/Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/5/Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/849/14/LAMPIRAN.zip identifier: Sudi, Winda Maharani (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE INTEGRATED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI I METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/849/