%0 Generic %A ALFIA , ROSA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84904 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD %U http://digilib.unila.ac.id/84904/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas instrumen Assessment for Learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa pada pembelajaran fisika berbasis Case Method. Sampel yang digunakan, yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 SMA Negeri 1 Liwa tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan One-Shot Case Study. Penilaian dengan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran fisika berbasis Case Method dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa jika ketuntasan belajar klasikal kelas minimal mencapai 75% dengan ketuntasan belajar individu 76. Analisis nilai pada kelas yang diterapkan perlakuan diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah melampaui ketuntasan klasikal dengan 66 dari 72 siswa (88%) tuntas, sedangkan nilai komunikasi ilmiah siswa dengan 65 dari 72 siswa (86%) tuntas. Didukung dengan hasil uji hipotesis diperoleh untuk kemampuan pecahan masalah nilai Sig. (2- tailed) adalah 0,000 atau jika menggunakan nilai thitung sebesar 13,9 > ttabel 1,66660 dan untuk komunikasi ilmiah siswa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 atau jika menggunakan nilai thitung sebesar 11,35 > ttabel 1,66660. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian dengan Assessment for Learning pada pembelajaran fisika berbasis Case Method efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa. Kata kunci : Assessment for Learning, pembelajaran fisika, Case Method, kemampuan pemecahan masalah, dan komunikasi ilmiah.