%0 Generic %A 1013134002, Desmawati %D 2012 %F eprints:8492 %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PELATIHAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 WAWAY KARYA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/8492/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi melalui teknik pelatihan pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur tahun pelajaran 2011/2012. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi melalui teknik pelatihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waway Karya tahun pelajaran 2011/2012. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian kemampuan menulis pengalaman pribadi pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus nilai rata-rata siswa 59,00 siswa yang sudah mencapai KKM 11 orang dengan persentase 36,67% siswa yang belum mencapai KKM 19 orang i dengan persentase 63,33%. Siklus I nilai rata-rata siswa 66,00 siswa yang mencapai KKM 14 orang dengan persentase 46,67%, dan yang belum mencapai KKM 16 orang dengan persentase 53,33%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 76,00 siswa yang mencapai KKM 26 orang dengan persentase 86,67%, siswa yang belum mencapai KKM 4 orang dengan persentase 13,33%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 10% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik pelatihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waway Karya Kabupaten Lampung Timur sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.