%0 Generic %A RAHMAH , NUR'AINI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84922 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/84922/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, peserta didik yang mudah menyerah dalam menyelesaikan persoalan matematika, dan peserta didik yang masih mengandalkan teman dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD, (2) pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD, (3) pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Metode dalam penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi berjumlah 48 peserta didik dengan teknik penentuan sampel nonprobability sampling atau sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, regresi sederhana, dan regresi berganda. Kesimpulan hasil (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD ditunjukkan dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 25,64 > 4,05 maka Ho ditolak artinya signifikan, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD ditunjukkan dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 50,188 > 4,05 maka Ho ditolak artinya signifikan, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Kata kunci: hasil belajar matematika, kelas V, kompetensi profesional, motivasi belajar, sekolah dasar. The problem in this research is low mathematics learning outcomes, students who easily give up in solving mathematics problems, and students who still rely on friends to solve mathematics problems. The aim of this research is to determine (1) the influence of teacher professional competence on the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students, (2) the influence of student learning motivation on the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students, (3) the influence of teacher professional competence and motivation student learning on mathematics learning outcomes for class V elementary school. The method in this research is ex post facto. The population was 48 students using non-probability sampling or saturated sampling techniques. Data collection uses interviews and questionnaires. Data analysis techniques use product moment correlation, simple regression, and multiple regression. The conclusion of the results (1) is that there is a positive and significant influence between professional competence on the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students, shown by the results of Fcount > Ftable, namely 25.64 > 4.05, so Ho is rejected, meaning it is significant, (2) there is a positive influence and the significance between students' learning motivation on the mathematics learning outcomes of class V elementary school students is shown by the results of Fcount > Ftable, namely 50.188 > 4.05, so Ho is rejected, meaning it is significant, (3) there is a positive and significant influence between professional competence and participants' learning motivation. students on mathematics learning outcomes for fifth grade elementary school. Key words: class five, elementary school, learning motivation, mathematics learning outcomes, professional competence.