?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DITINJAU+DARI+KESADARAN%0D%0AMETAKOGNISI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+INTERAKSI%0D%0AMAKHLUK+HIDUP+DAN+LINGKUNGANNYA&rft.creator=Yessica+%2C+Solafide+Siregar&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+model+PBL%0D%0Aterhadap+kemampuan+berpikir+krtitis+peserta+didik+serta+mendeskripsikan%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+interaksi+makhluk+hidup+dan%0D%0Alingkungannya+ditinjau+dari+kesadaran+metakognisi.+Penelitian+dilaksanakan+pada%0D%0Asemester+genap+di+SMP+Negeri+43+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024.%0D%0A%0D%0ADesain+dalam+penelitian+ini+adalah+quasi+eksperimen+dengan+teknik+Pretest-%0D%0APosttest+Control+Group+Design.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+Purposive%0D%0A%0D%0Asampling.+Data+kesadaran+metakognisi+diperoleh+melalui+angket+Metacognitive%0D%0AAwareness+Inventory+(MAI)+yang+dianalisis+secara+deskriptif.+Populasi+dari%0D%0Apenelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+VII+SMPN+43+Bandar+Lampung+dengan%0D%0Asampel+sebanyak+27+peserta+didik+kelas+VII+1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas%0D%0AVII+2+sebanyak+25+peserta+didik+sebagai+kelas+kontrol.+Hasil+nilai+rata-rata+N-Gain%0D%0Akelas+eksperimen+sebesar+0%2C65+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Uji+homogenitas+N-Gain+sebesar%0D%0ASig.0.250%3E+0.05.+Uji+hipotesis+dengan+nilai+Sig.+(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05.+Hasil+uji%0D%0Aeffect+size+sebesar+1%2C18+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C%0D%0Amenunjukkan+bahwa+penggunaan+model+PBL+efektif+untuk+meningkatkan%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+interaksi+makhluk+hidup+dan%0D%0Alingkungannya.+Hasil+analisis+antara+kesadaran+metakognisi+dan+kemampuan%0D%0Aberpikir+kritis+secara+deskriptif+menunjukkan+bahwa+lebih+dari+separuh+peserta%0D%0Adidik+yang+berada+pada+tingkat+metakognisi+%E2%80%98developed%E2%80%99+terdiri+dari+peserta+didik%0D%0Ayang+berada+pada+kategori+berpikir+kritis+sedang+dan+tinggi.%0D%0AKata+kunci%3A+problem+based+learning%2C+berpikir+kritis%2C+kesadaran+metakognisi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-06-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84934%2F1%2F1.%2520Abstrak%2520Yessica%2520-%2520Yessica%2520Solafide%2520Siregar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84934%2F2%2F3.%2520Skripsi%2520Yessica%2520tanpa%2520Lampiran%2520-%2520Yessica%2520Solafide%2520Siregar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84934%2F3%2F2.%2520Skripsi%2520Yessica%2520tanpa%2520Pembahasan%2520dan%2520Lampiran%2520-%2520Yessica%2520Solafide%2520Siregar.pdf&rft.identifier=++Yessica+%2C+Solafide+Siregar++(2024)+EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DITINJAU+DARI+KESADARAN+METAKOGNISI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+INTERAKSI+MAKHLUK+HIDUP+DAN+LINGKUNGANNYA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84934%2F