%A Devi Yanti 1113106001 %J Digital Library %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PELATIHAN PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 2 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Rendahnya kemampuan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Tegineneng merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara menggunakan metode pelatihan guna meningkatkan kemampuan menulis puisi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode pelatihan, khususnya siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Tegineneng Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Tegineneng tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 31 orang, terdiri atas 15 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis puisi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 50,36 dari 31 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 29 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode pelatihan, kemampuan menulis puisi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,33 atau meningkat sebesar 13,00% sedangkan siswa yang tuntas 19 dari 31 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan menulis puisi pada siklus II diperoleh nilai rata- rata sebesar 73,16 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 11,53% dengan ketuntasan klasikal 29 siswa atau sebesar 90%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pelatihan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIC SMPN 2 Tegineneng Pesawaran. %D 2012 %L eprints8494