<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA"^^ . "Meningkatnya penyalahguna, korban penyalahguna, dan pecandu narkotika\r\nmembuat kapasitas lapas menjadi overcapacity. Pasal 54 Undang-Undang No. 35\r\nTahun 2009 tentang Narkotika menyebutkan bahwa korban penyalahguna dan\r\npecandu narkotika wajib menjalani rehabilitasi. Sebelum mendapat rekomendasi\r\nuntuk rehabilitasi, korban penyalahguna dan pecandu narkotika harus menjalani\r\nproses asesmen terpadu yang dilakukan oleh Tim Asesmen Terpadu yang terdiri dari\r\nTim Hukum dan Tim Medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya\r\nTim Asesmen Terpadu dan hambatan yang dialami dalam penerapan keadilan\r\nrestoratif bagi korban penyalahguna dan pecandu narkotika.\r\nPendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis normatif yang didukung\r\ndengan pendekatan yuridis empiris. Jenis dan sumber data yang digunakan yang\r\nterdiri dari data primer dan data sekunder. Pengolahan data melalui tahap seleksi\r\ndata, klasifikasi data, dan sistematisasi data. Data yang sudah disajikan dalam\r\nbentuk uraian, dibahas, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif lalu disimpulkan\r\nsecara umum dan selanjutnya dari diberi kesimpulan serta saran.\r\nBerdasarkan hasil dan pembahasan, keadilan restoratif bagi korban penyalahgunaan\r\ndan pecandu Narkotika dengan pemberian rekomendasi rehabilitasi sudah tepat\r\ndiberikan karena sesuai Pasal 54 Undang – Undang No. 35 Tahun 2009 Peraturan\r\nKepala Badan Narkotika Nasional No. 11 Tahun 2014 dan Peraturan Bersama 7\r\nLembaga Negara. Akan tetapi, dalam pelaksanaan keadilan restoratif melalui\r\nasesmen terpadu terdapat berbagai hambatan, seperti kurangnya dana, tim ahli yang\r\nkurang, serta singkatnya waktu pengajuan asesmen terpadu.\r\nAdapun saran penulis dalam penelitian ini adalah perlu dibuatnya aturan khusus\r\nmengenai pelaksanaan asesmen terpadu sendiri sehingga tidak ada lagi perbedaan\r\ndalam menafsirkan ketentuan dalam mengenai siapa yang berhak diasesmen dan\r\nmendapat rekomendasi rehabilitasi serta peran penting dari berbagai pihak terutama\r\norang tua sangat diperlukan untuk mengawasi perkembangan pertumbuhan anggota\r\nkeluarganya agar tidak terjerumus dalam tindak pidana narkotika.\r\nKata Kunci : Tim Asesmen Terpadu, Keadilan Restoratif, Narkotika\r\n\r\nThe increase in drug abusers, abuse victims and narcotics addicts is causing prison\r\ncapacity to become overcapacity. Article 54 Law no. 35 of 2009 concerning\r\nNarcotics states that victims of narcotics abuse and addicts are required to undergo\r\nrehabilitation. Before receiving a recommendation for rehabilitation, victims of\r\ndrug abuse and addicts must undergo an integrated assessment process carried out\r\nby an Integrated Assessment Team consisting of a Legal Team and a Medical Team.\r\nThe purpose of this research is to determine the efforts of the Integrated Assessment\r\nTeam and the obstacles experienced in implementing restorative justice for victims\r\nof narcotics abusers and addicts.\r\nThe problem approach used is normative juridical which is supported by an\r\nempirical juridical approach. The types and sources of data used consist of primary\r\ndata and secondary data. Data processing goes through the stages of data selection,\r\ndata classification, and data systematization. The data has been presented in the\r\nform of descriptions, discussed and analyzed descriptively qualitatively then\r\nconcluded in general and then given conclusions and suggestions.\r\nBased on the results and discussion, restorative justice for victims of narcotics\r\nabuse and addiction by providing recommendations for rehabilitation is\r\nappropriate because it is in accordance with Article 54 of Law no. 35 of 2009\r\nRegulation of the Head of the National Narcotics Agency no. 11 of 2014 and Joint\r\nRegulations of 7 State Institutions. However, in implementing restorative justice\r\nthrough integrated assessments, there are various obstacles, such as lack of funds,\r\ninsufficient team of experts, and short time for submitting integrated assessments\r\nThe author's recommendation in this research is that specific regulations need to\r\nbe established regarding the implementation of integrated assessments. This would\r\neliminate discrepancies in interpreting the rules concerning who is eligible for\r\nassessment and rehabilitation recommendations. Additionally, the significant role\r\nof various parties, especially parents, is crucial in monitoring the development of\r\ntheir family members to prevent them from getting involved in drug-related criminal\r\nactivities.\r\nKeywords: Integrated Assessment Team, Restorative Justice, Narcotics"^^ . "2024-06-20" . . . . . "FAKULTAS HUKUM"^^ . . . . . . . "Hanif Falaqiah"^^ . "Muhammad"^^ . "Hanif Falaqiah Muhammad"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (File PDF)"^^ . . . "Muhammad Hanif Falaqiah_2012011203_Skripsi Abstrak - Muhammad Hanif Falaqiah.pdf"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (File PDF)"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (File PDF)"^^ . . . "Muhammad Hanif Falaqiah_2012011203_Skripsi Tanpa Bab Pembahasan - Muhammad Hanif Falaqiah.pdf"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN\r\nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU\r\n\r\nNARKOTIKA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #84943 \n\nUPAYA TIM ASESMEN TERPADU DALAM PENERAPAN KEADILAN \nRESTORATIF BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN DAN PECANDU \n \nNARKOTIKA\n\n" . "text/html" . . . "340 Ilmu hukum" . .