creators_name: GITA , PUTRI ANJALI creators_id: 2013053035 type: other datestamp: 2025-02-22 02:18:43 lastmod: 2025-02-22 02:18:43 metadata_visibility: show title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil tes awal kemampuan berpikir matematis di sekolah SD Negeri 1 Jatimulyo, menunjukkan kemampuan berpikir matematis peserta didik masih tergolong rendah rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis assemblr edu terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 57 orang peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 30 orang peserta didik dari kelas V A untuk kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik dari kelas V B untuk kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear. Dilihat dari hasil analisis data diperoleh rata-rata skor pretest 49,20 sedangkan rata-rata skor posttest 69,73. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji regresi linear, diperoleh nilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis assemblr edu terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik. Kata kunci: assemblr edu, kemampuan berpikir matematis, media pembelajaran. Based on the results of the initial test of mathematical thinking skills at SD Negeri 1 Jatimulyo, it shows that students' mathematical thinking skills are still relatively low. The purpose of this study was to determine the effect of assemblr edu-based learning media on students' mathematical thinking skills in elementary schools. This type of research is a quasi-experimental study with a non-equivalent control group design. The population in this study were all 57 students in grade V and the sample determination used a purposive sampling technique with 30 students from class V A for the experimental class and 27 students from class V B for the control class. Data collection techniques used tests, observations and documentation. Data were analyzed using linear regression tests. Judging from the results of the data analysis, the average pretest score was 49.20 while the average posttest score was 69.73. After the hypothesis test was carried out with a linear regression test, a value of 0.000 <0.05 was obtained, so Ho was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that there is an influence of assembly edu-based learning media on students' mathematical thinking skills. Keywords : assemblr edu, mathematical thinking ability, learning media. date: 2024-09-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: GITA , PUTRI ANJALI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84983/1/ABSTRAK_GITA%20-%2017_Gita%20Putri%20Anjali_5E.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84983/2/SKRIPSI%20FULL_GITA%20PUTRI%20ANJALI%20-%2017_Gita%20Putri%20Anjali_5E.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84983/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN_GITA%20PUTRI%20ANJALI%20-%2017_Gita%20Putri%20Anjali_5E.pdf