title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR creator: LINTANG , SEPTIANINGRUM subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri 15 Padang Cermin. Tujuan penelitian menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu berbentuk non-equivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 39 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil thitung lebih besar ttabel kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 15 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci : hasil belajar, model kooperatif, talking stick ABSTRACT The problem in this research was the low science learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 15 Padang Cermin. The purpose of the study was to analyze and determine the effect of using the talking stick cooperative learning model on students' science learning outcomes. This research was quantitative, with a quasi- experimental research type in the form of a non-equivalent control group design. The population in this study consisted of 39 students. The sampling technique used nonprobability sampling with a saturated sampling technique. The data collection techniques used were tests and non-tests. The results of data analysis using simple linear regression showed that there was an effect of using the talking stick cooperative learning model on learning outcomes, as evidenced by the calculated t-value being greater than the table t-value. The conclusion of this study was that there was an effect of using the talking stick cooperative learning model on the learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 15 Padang Cermin in the 2023/2024 academic year. Keywords: cooperative model, learning outcomes, talking stick publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-09-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85011/1/skripsi%20lintang%20septianingrum%20_abstrak%20-%20Lintang%20Septianingrum.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85011/2/Skripsi%20Lintang%20Septianingrum_tanpa%20lampiran%20-%20Lintang%20Septianingrum.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85011/3/skripsi%20Lintang%20Septianingrum_tanpa%20bab%204%20dan%20lampiran%20-%20Lintang%20Septianingrum.pdf identifier: LINTANG , SEPTIANINGRUM (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/85011/