@misc{eprints85024, month = {Mei}, title = {IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE THINKING SISWA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN}, author = {Nurul Rahmayani Elpin }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85024/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking untuk meningkatkan kemampuan Creative Thinking peserta didik pada topik energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Global Surya Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu The Non-Equivalent Control Group Design. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran model PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,52 dengan kategori sedang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 0,30 dengan kategori rendah. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan creative thinking peserta didik pada topik energi terbarukan. Kata kunci: Creative Thinking, Design Thinking, PBL, STEM} }