%0 Generic
%A MARSELIN , AMALLO
%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2024
%F eprints:85082
%I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
%T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LEMPAR TURBO  DENGAN PENDEKATAN LEMPAR SASARAN BAGI SISWA KELAS V  SD ALKAUTSAR BANDAR LAMPUNG
%U http://digilib.unila.ac.id/85082/
%X ABSTRAK        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan lempar  turbo dengan pendekatan lempar sasaran pada siswa kelas V SD Al Kautsar  Bandar Lampung. Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) terdiri tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Al  Kautsar Bandar Lampung. sebanyak 28 siswa terdiri 13 siwa putra dan 15 siswa  putri. Instrument pengambilan data dalam penelitian ini adalah lembar penilaian  lempar turbo dan angket anggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pendekatan lempar sasaran upaya meningkatkan keterampilan lempar turbo ini  menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Setelah data dianalisis  pada siklus pertama telah menghasilkan ketuntasan belajar 10 dari siswa atau  sebesar 35,71% dengan tingkat efektivitas 29,71%, pada siklus kedua ketuntasan  belajar meningkat 7 siswa atau sebesar 38,89% dengan tingkat efektivitas 31,10%,  dan pada siklus ketiga meningkat kembali ketuntasan belajar meningkat 7 siswa  atau sebesar 63,64% dengan tingkat efektivitas 54,71%. Total siswa yang  mencapai ketuntasan dari siklus I hingga siklus III berjumlah 24 siswa atau  85,71%. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini dengan pendekatan permainan  lempar sasaran upaya meningkatkan keterampilan lempar turbo pada setiap  siklusnya meningkatkan hasil belajar dan efektivitas serta treatment yang  diberikan telah memberikan pengaruh yang berarti dalam peningkatan presentase  keberhasilan keterampilan lempar turbo pada siswa kelas V B SD Al Kautsar  Bandar Lampung.  Kata Kunci : pendekatan, keterampilan lempar turbo, lempar sasaran  ABSTRACT    The aim of this research was to determine the improvement of turbo throwing  skills using the target throwing approach in class V students at SD Al Kautsar  Bandar Lampung. This research method is Classroom Action Research (PTK)  consisting of three cycles. The subjects of this research were class V B students at  SD Al Kautsar Bandar Lampung. There were 28 students consisting of 13 male  students and 15 female students. The data collection instruments in this research  were the turbo throwing assessment sheet and student opinion questionnaire. The  results of the research show that the target throwing approach, an effort to  improve turbo throwing skills, shows an increase in each cycle. After the data was  analyzed in the first cycle, it resulted in 10 students learning completeness or  35.71% with an effectiveness level of 29.71%, in the second cycle learning  completeness increased by 7 students or 38.89% with an effectiveness level of  31.10%, and In the third cycle, learning completeness increased again by 7  students or 63.64% with an effectiveness level of 54.71%. The total number of  students who achieved completeness from cycle I to cycle III was 24 students or  85.71%. It can be concluded from the results of this research that using the target  throwing game approach, efforts to improve turbo throwing skills in each cycle  increase learning outcomes and effectiveness and the treatment given has had a  significant influence in increasing the percentage of success in turbo throwing  skills in class V B students at SD Al Kautsar Bandar Lampung.  Keywords : approach, turbo throwing skills, target throwing