%0 Generic %A SALMA , SAFINATUNNAJAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85085 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH IMPLEMENTASI WEBSITE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/85085/ %X ABSTRAK Media belajar memiliki peran yang cukup penting dalam proses penyampaian materi pelajaran oleh pendidik. Penelitian ini berfokus pada permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh implementasi website pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah populasi 35 dan sampel 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data dilakukan denganuji n-gain. Hasil uji n-gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai mean = 0,5164 dan pada kelas kontrol nilai mean = 0,3109. Persentase ketuntasan (nilai ≥ 70) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,5% > 33,3%, artinya implementasi website pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dikelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran visual pada kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan implementasi website pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, IPAS, website pembelajaran ABSTRACT Learning media has an important role in the process of delivering lesson material by educators. This research focuses on the problem of low student learning outcomes in science subjects. The aim of this research wasto analyze the effect of implementing a learning website on science learning outcomes. The type of research was quantitative research with experimental research methods. The research design used was a non-equivalent control group design which used an experimental class and a control class with a population of 35 and a sample of 17 students. The data collection technique used wasthe test technique. The data analysis technique was carried out using the n-gain test. The results of the n-gain test in the experimental class showed a mean value = 0.5164 and in the control class the mean value = 0.3109. The percentage of completeness (score ≥ 70) in the experimental class washigher than the control class, namely 70.5% > 33.3%, meaning that the implementation of the learning website on student learning outcomes in science and science subjects in the experimental class wasmore effective than the use of visual learning media in control class. There wasa significant influence of the implementation of a learning website on science learning outcomes for fifth grade elementary school students. Keywords: learning outcomes, IPAS, learning website