@misc{eprints85126, month = {Januari}, title = {PENERAPAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK}, author = {MUTHMAINNAH MIAH }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85126/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan e-LKPD berbasis inkuiri terintegrasi STEM untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik berdasarkan kemampuan awal. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 MAN 1 Ogan Komering Ulu tahun ajaran 2024/2025 semester ganjil. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan bentuk pre-eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Dasar penilaian uji hipotesis terdiri dari uji normalitas, homogenitas, n-gain, paired sample t-test dan uji effect size dengan rumus Cohen?s. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test dan effect size. Perolehan hasil uji paired sample t-test dengan signifikansi sebesar 0,000 dan diperoleh nilai pada masing-masing kelas sebesar 1,491 dan 2,268 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga berdasarkan data hasil uji hipotesis tersebut pada uji paired sample t-test dan uji effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri berdasarkan kemampuan awal peserta didik. Kata Kunci: e-LKPD, HOTS, model pembelajaran inkuiri} }