title: PENERAPAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK creator: MIAH , MUTHMAINNAH subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan e-LKPD berbasis inkuiri terintegrasi STEM untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik berdasarkan kemampuan awal. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 MAN 1 Ogan Komering Ulu tahun ajaran 2024/2025 semester ganjil. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan bentuk pre-eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Dasar penilaian uji hipotesis terdiri dari uji normalitas, homogenitas, n-gain, paired sample t-test dan uji effect size dengan rumus Cohen’s. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test dan effect size. Perolehan hasil uji paired sample t-test dengan signifikansi sebesar 0,000 dan diperoleh nilai pada masing-masing kelas sebesar 1,491 dan 2,268 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga berdasarkan data hasil uji hipotesis tersebut pada uji paired sample t-test dan uji effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri berdasarkan kemampuan awal peserta didik. Kata Kunci: e-LKPD, HOTS, model pembelajaran inkuiri publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-01-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85126/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ASBTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85126/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85126/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MIAH , MUTHMAINNAH (2025) PENERAPAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/85126/