@misc{eprints85146, title = {FUNGSI TATA RUANG PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NEGRI 1 BANDAR LAMPUNG}, author = { Dian Banaya Zahra}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK }, url = {http://digilib.unila.ac.id/85146/}, abstract = {Penelitian ini membahas mengenai tata ruang perpustakaan di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tata ruang perpustakaan di SMA Negeri 1 Bandar Lampung, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari dilaksanakannya tata ruang perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara terhadap kepala perpustakaan dan siswa SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mendorong peningkatan minat baca siswa di perpustakaan berdasarkan tata ruang perpustakaan, seperti adanya perbedaan konsep antara perpustakaan lama dan perpustakaan baru, serta fasilitas yang tersedia, mulai dari ketersediaan meja dengan fungsi bervariasi, rak, ruang baca, tersedianya pendingin ruangan, adanya fasilitas perpustakaan digital, dan akses internet. Penelitian ini juga menemukan bahwa tata ruang perpustakaan dapat dilakukan dengan optimal karena adanya dukungan dari civitas akademika SMA Negeri 1 Bandar Lampung, termasuk di dalamnya dukungan berupa dana. Namun, secara bersamaan adanya keterbatasan ruangan juga menjadi faktor penghambat dari tata ruang perpustakaan tersebut. Kata kunci: Tata Ruang, Minat Baca, Perpustakaan This research discusses about the layout of Public Senior High School 1 Bandar Lampung. The aim of this research is to see the library layout as well as to find out the supporting and inhibiting factors in implementing library layout in order to increase Public Senior High School 1 Bandar Lampung students' interest in reading. The method used in this research is a qualitative method using primary data collected through observation and interview techniques with the head of the library and students of Public Senior High School 1 Bandar Lampung. The results of this research show that there are several factors that encourage an increase in students interest in reading in the library based on the library layout, such as differences in concept between the old library and the new library, as well as the facilities available, starting from the availability of tables with varied functions, shelves, reading rooms, availability of air conditioning, digital library facilities and internet access. This research also found that the library layout could be carried out optimally because of support from the civitas academica of Public Senior High School 1 Bandar Lampung, including support in the form of funds. However, at the same time, limited space is also an inhibiting factor in the library layout. Keywords: Layout, Reading Interest, Library} }