%A Prasurya  Mohamad Ari
%T Pengaruh Model Pembelajaran Studi Lapangan Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun 2024
%X Pembelajaran geografi dengan penggunaan model konvensional kurang 
melibatkan peserta didik secara aktif, khususnya dalam memahami konsep
geografi. Penggunaan model pembelajaran studi lapangan menawarkan solusi 
melalui pembelajaran langsung di lingkungan nyata yang sesuai dengan 
pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 
pengaruh model pembelajaran studi lapangan terhadap kemampuan kognitif 
peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way 
Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental 
design menggunakan rancangan two-group pretest-posttest control group design
dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta 
didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing 
berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji 
Independent Sample t Test dan uji N-Gain Score berbantuan SPSS versi 29. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa thitung 11,145 > ttabel 1,999, maka H0 ditolak dan 
H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model 
pembelajaran studi lapangan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta 
didik. Efektivitas penggunaan model pembelajaran studi lapangan juga dapat 
dilihat berdasarkan perbedaan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score pada kelas 
eksperimen sebesar 58,74% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 31,62%
(tidak efektif). Dengan demikian, model pembelajaran studi lapangan dinilai 
cukup efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional untuk
meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dalam memahami konsepkonsep geografi.
%C Universitas Lampung 
%D 2025
%I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
%L eprints85173