creators_name: Mohamad Ari, Prasurya creators_id: 2013034059 type: other datestamp: 2025-02-28 04:36:57 lastmod: 2025-02-28 04:37:12 metadata_visibility: show title: Pengaruh Model Pembelajaran Studi Lapangan Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun 2024 ispublished: pub subjects: 900 subjects: 907 full_text_status: restricted abstract: Pembelajaran geografi dengan penggunaan model konvensional kurang melibatkan peserta didik secara aktif, khususnya dalam memahami konsep geografi. Penggunaan model pembelajaran studi lapangan menawarkan solusi melalui pembelajaran langsung di lingkungan nyata yang sesuai dengan pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran studi lapangan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design menggunakan rancangan two-group pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample t Test dan uji N-Gain Score berbantuan SPSS versi 29. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 11,145 > ttabel 1,999, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran studi lapangan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Efektivitas penggunaan model pembelajaran studi lapangan juga dapat dilihat berdasarkan perbedaan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 58,74% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 31,62% (tidak efektif). Dengan demikian, model pembelajaran studi lapangan dinilai cukup efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dalam memahami konsepkonsep geografi. date: 2025-01-23 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: Mohamad Ari, Prasurya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Studi Lapangan Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun 2024. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung . document_url: http://digilib.unila.ac.id/85173/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85173/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85173/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf