@misc{eprints85236, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH}, author = {HANDAYANI OKTAVIA SULISTYA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85236/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Interaktif berbasis problem based learning pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang valid dan praktis. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Design \& Development Reasearch (DDR) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas dan uji kepraktisan. Pada hasil uji validitas yang diperoleh dari ketiga validator yaitu diperoleh nilai rata- rata sebesar 3,55 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari skor rata-rata untuk uji keterbacaan sebesar 89\% dengan kategori sangat terbaca, uji persepsi guru sebesar 80,08\% dengan kategori sangat baik. Sehingga, skor rata-rata uji kepraktisan tersebut sebesar 84,54\% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan terkategori valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor. Kata kunci: E-Modul Interaktif, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Keterampilan Pemecahan Masalah} }