TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints85236 UR - http://digilib.unila.ac.id/85236/ A1 - OKTAVIA SULISTYA, HANDAYANI Y1 - 2024/07/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Interaktif berbasis problem based learning pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang valid dan praktis. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Design & Development Reasearch (DDR) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas dan uji kepraktisan. Pada hasil uji validitas yang diperoleh dari ketiga validator yaitu diperoleh nilai rata- rata sebesar 3,55 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari skor rata-rata untuk uji keterbacaan sebesar 89% dengan kategori sangat terbaca, uji persepsi guru sebesar 80,08% dengan kategori sangat baik. Sehingga, skor rata-rata uji kepraktisan tersebut sebesar 84,54% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan terkategori valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor. Kata kunci: E-Modul Interaktif, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Keterampilan Pemecahan Masalah PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH AV - restricted ER -